Pengantar Statistika

Thursday, March 31

Pertemuan ke-1

Statistik

Ilmu yang mempelajari bagaimana mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data, untuk diperoleh suatu
kesimpulan yang berkaitan dengan data tersebut

Fungsi Statistik

-Menggambarkan data dalam bentuk tertentu
-Menyederhanakan data yang komplek menjadi mudah dimengerti Menyederhanakan data yang komplek menjadi mudah dimengerti
-Menentukan hubungan sebab akibat 
-dan lain sebagainya

Data
Data adalah umpulan nilai dari suatu objek

Macam Data
-Data Primer
Data primer adalah data yang diperoleh dari sumber-sumber asli. Sumber asli disini diartikan sebagai sumber pertama darimana data tersebut diperoleh. Sumber data primer dalam kegiatan penelitian antara lain sebagai berikut :
a. Masyarakat secara langsung
Data yang diperoleh secara langsung dari masyarakat baik melalui wawancara maupun kuisioner merupakan data murni. Data tersebut ada yang merupakan data murni dan ada pula yang disebut data tidak murni. Data murni adalah data yang diperoleh secara mentah dari masyarakat. Data tidak murni adalah data yang disesuaikan responden dengan jalan pikirannya

b. Benda, kondisi,situasi, proses atau perilaku orang tertentu.
Dapat juga diperoleh dari observasi lapangan.

c. Data laboratorium
Data laboratorium bisa digologkan data primer karena data tersebut dihasilkan melalui percobaan atau test yang langsung dilakukan peneliti. Missal hasil percobaan kimia, biologi dan sebagainya.
-Data Sekunder
Data sekunder merupakan sumber data penelitian yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara (diperoleh dan dicatat oleh pihak lain). Data sekunder umumnya berupa bukti, catatan atau laporan historis yang telah tersusun dalam arsip (data dokumenter) yang dipublikasikan dan yang tidak dipublikasikan.
Sebelum proses pencarian data sekunder dilakukan, kita perlu melakukan identifikasi kebutuhan terlebih dahulu. identifikasi dapat dilakukan dengan cara membuat pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut: 1) Apakah kita memerlukan data sekunder dalam menyelesaikan masalah yang akan diteliti? 2) Data sekunder seperti apa yang kita butuhkan? Identifikasi data sekunder yang kita butuhkan akan membantu mempercepat dalam pencarian dan penghematan waktu serta biaya.
-Data Kualitatif
Data kuantitatif adalah data yang dipaparkan dalam bentuk angka-angka. Misalnya adalah jumlah pembeli saat hari raya idul adha, tinggi badan siswa kelas 3 ips 2, dan lain-lain.

-Data Kuantitatif
Data kualitatif adalah data yang disajikan dalam bentuk kata-kata yang mengandung makna. Contohnya seperti persepsi konsumen terhadap botol air minum dalam kemasan, anggapan para ahli terhadap psikopat dan lain-lain.
-Data Diskrit
Data diskrit adalah data yang nilainya adalah bilangan asli. Contohnya adalah berat badan ibu-ibu pkk sumber ayu, nilai rupiah dari waktu ke waktu, dan lain-sebagainya.
-Data Kuntinyu
Data kontinyu adalah data yang nilainya ada pada suatu interval tertentu atau berada pada nilai yang satu ke nilai yang lainnya. Contohnya penggunaan kata sekitar, kurang lebih, kira-kira, dan sebagainya. Dinas pertanian daerah mengimpor bahan baku pabrik pupuk kurang lebih 850 ton.


Semoga bermanfaat... 
Share this article :

1 comment:

  1. mkasih,,materinya,,,q jadi dapet tambahan ilmu lagi dari materi ini,,besok,,tambah yang lebih lengkap lagi ya gan,,,

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FROM ZERO TO BE ONE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger