Manajemen dan Organisasi

Tuesday, March 29

Pertemuan ke-1 

Pengertian Organisasi 
Kelompok orang (dua atau lebih) yang bekerjasama dengan terkoordinasi, dengan cara yang terstruktur untuk mencapai tujuan tertentu. 


Manfaat Organisasi 

  • Melayani Masyarakat 
  • Mencapai Tujuan Tertentu 
  • Memberi Karir 
  • Memelihara Ilmu Pengetahuan 
Kaitan antara Organisasi dengan Manajer 

  • Manajemen (Mary Parker Follet): Seni mencapai sesuatu melalui orang lain
  • Manajer: Orang yang melakukan kegiatan manajemen 


Proses Manajemen
Perencanaan (Planning)
-Menetapkan tujuan organisasi dan memilih cara terbaik untuk mencapai tujuan tersebut.
Pengorganisasian (Organizing and Staffing)
-Mengkoordinir sumber daya, tugas, otoritas, diantara anggota organisasi agar bekerja untuk mencapai tujuan organisasi.
Pengarahan (Leading)
-Mengarahkan, mempengaruhi, dan memotivasi anggota organisasi agar bekerja untuk mencapai tujuan organisasi.
Pengendalian (Controlling)
-Memastikan kegiatan organisasi sesuai dengan rencana.
Proses Manajemen Dalam Praktek
-Tidak harus dilakukan secara berurutan, fungsi-fungsi tsb dapat dilakukan melompat-lompat atau bahkan dilakukan secara simultan.

Jenis-jenis Manajemen 

Berdasarkan Hirarki
-Manajemen Puncak
-Manajemen Menengah
-Manajemen Tingkat Bawah 

Berdasarkan Fungsi
-Manajer Umum
-Manajer Fungsional 

Tingkatan dan Keterampilan Manajemen 
-Manajer Puncak è Keterampilan Konseptual.
-Manajer Menengah è Keterampilan Konseptual & Teknis berimbang.
-Manajer Tingkat Bawah è Keterampilan Teknis.
-Ketiga manajer membutuhkan keterampilan hubungan manusiawi yang sama besarnya.

Keterampilan Analitis dan Konseptual
-Keterampilan Analitis è memecah persoalan ke dalam bagian yang lebih kecil, dan kemudian memberi solusi untuk masalah tsb.
-Keterampilan Konseptual è merumuskan masalah menjadi sebuah acuan yang menyeluruh. 

Peranan Manajerial (Managerial Role)
Peranan Hubungan Manusiawi (Interpersonal Roles) 
-Mencakup tiga peranan: peranan figur bapak, peranan pimpinan, dan peranan penghubung. 

Peranan Informasi (Informational Roles) 
-Mencakup tiga peranan: monitor, desiminasi/penyebaran, dan juru bicara.
 
Peranan Pengambilan Keputusan (Decision Roles)
-Mencakup empat jenis peranan: kewirausahawan, penyelesai gangguan, pembagi sumber daya, dan perunding. 

Menjadi Manajer yang Sukses
Tidak ada formula pasti; tetapi manajer yang efektif tidak lepas dari:
-Pendidikan
-Pengalaman
-Visi
-Etika
-Dimensi Internasional.


   Semoga bermanfaat...
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FROM ZERO TO BE ONE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger