Pertemuan ke-1
Kelompok orang (dua atau lebih) yang bekerjasama dengan terkoordinasi, dengan cara yang terstruktur untuk mencapai tujuan tertentu.
- Melayani Masyarakat
- Mencapai Tujuan Tertentu
- Memberi Karir
- Memelihara Ilmu Pengetahuan
- Manajemen (Mary Parker Follet): Seni mencapai sesuatu melalui orang lain
- Manajer: Orang yang melakukan kegiatan manajemen
Proses Manajemen
Perencanaan (Planning)
-Menetapkan tujuan organisasi dan memilih cara terbaik untuk mencapai tujuan tersebut.
Pengorganisasian (Organizing and Staffing)
-Mengkoordinir sumber daya, tugas, otoritas, diantara anggota organisasi agar bekerja untuk mencapai tujuan organisasi.
Pengarahan (Leading)
-Mengarahkan, mempengaruhi, dan memotivasi anggota organisasi agar bekerja untuk mencapai tujuan organisasi.
Pengendalian (Controlling)
-Memastikan kegiatan organisasi sesuai dengan rencana.
Proses Manajemen Dalam Praktek
-Tidak harus dilakukan secara berurutan, fungsi-fungsi tsb dapat dilakukan melompat-lompat atau bahkan dilakukan secara simultan.
Jenis-jenis Manajemen
Berdasarkan Hirarki
-Manajemen Puncak
-Manajemen Menengah
-Manajemen Tingkat Bawah
Berdasarkan Fungsi
-Manajer Umum
-Manajer Fungsional
Tingkatan dan Keterampilan Manajemen
-Manajer Puncak è Keterampilan Konseptual.
-Manajer Menengah è Keterampilan Konseptual & Teknis berimbang.
-Manajer Tingkat Bawah è Keterampilan Teknis.
-Ketiga manajer membutuhkan keterampilan hubungan manusiawi yang sama besarnya.
-Manajer Menengah è Keterampilan Konseptual & Teknis berimbang.
-Manajer Tingkat Bawah è Keterampilan Teknis.
-Ketiga manajer membutuhkan keterampilan hubungan manusiawi yang sama besarnya.
Keterampilan Analitis dan Konseptual
-Keterampilan Analitis è memecah persoalan ke dalam bagian yang lebih kecil, dan kemudian memberi solusi untuk masalah tsb.
-Keterampilan Konseptual è merumuskan masalah menjadi sebuah acuan yang menyeluruh.
Peranan Manajerial (Managerial Role)
Peranan Hubungan Manusiawi (Interpersonal Roles)
-Mencakup tiga peranan: peranan figur bapak, peranan pimpinan, dan peranan penghubung.
Peranan Informasi (Informational Roles)
-Mencakup tiga peranan: monitor, desiminasi/penyebaran, dan juru bicara.
Peranan Pengambilan Keputusan (Decision Roles)
-Mencakup empat jenis peranan: kewirausahawan, penyelesai gangguan, pembagi sumber daya, dan perunding.
Menjadi Manajer yang Sukses
Tidak ada formula pasti; tetapi manajer yang efektif tidak lepas dari:
-Pendidikan
-Pengalaman
-Visi
-Etika
-Dimensi Internasional.
Semoga bermanfaat...
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !